Lessons From A Daily Life

Beberapa pagi yang lalu saya menemukan hal yang menarik..ada tukang batagor curcol sama saya, hihihihi. Daripada lupa, makanya mending posting dulu aja deh.

Tapi mau share dikit hal lain yang ada nyambungnya sama si tukang batagor diatas dulu deh. Jadi saya sempet ikutan leadership training di kantor saya. Udah selesai trainingnya.
Ngapain training? Dalam rangka abis promosi sih.. Alhamdulillah..
Long story short, pokonya materi training ini tuh..certified lah secara internasional, pake metode dari John C. Maxwell dan Zig Ziglar. Kurang lebih begitu deh kakak..

Trus hubungannya apa? Mari balik ke tukang batagor dulu..

Ceritanya, pagi itu saya musti ngangkot ke kantor, classic..ketinggalan bus jemputan, hehe. Di area tempat angkotnya ngetem itu banyak pilihan jajanan yg siap di-leppp. Pagi itu saya mutusin mau sarapan batagor.
Tukang batagor yang biasa mangkal disitu tuh so far setau saya baru dua orang (gantian) dan mereka adalah :

    1. Bapak-bapak muda yang kalem, kumisan, dan mukanya bikin ngga tega tiap liat (dan tiap saya beli batagor campur siomay, pasti banyakan siomay-nya kemana-mana deh..gue kan lebih doyan batagor huu..ehh fokuuus).
    2. Abang-abang yang asalnya dari suatu daerah di Sumatra sana yang perawakannya pendekar..pendek kekar..sering ogah2an kalo dia ngga ada stok uang kembalian (dan akhirnya pembelinya malah diomelin bok gara-gara dia jadi repot urusan kembalian) dan selalu ‘basah’ kalo jualan (kok kesannya jijay ya, ahahah).

Naa..seperti biasa, saya jajan. Kebetulan yang lagi mangkal nih si abang no.2. Sejak pas masih ngantri, udah keliatan deh si abang rusuh seperti biasa, tapi kali ini ada yang beda, dia sambil ngedumel pelan gitu. Gue pikir dia lagi ngobrol sama mbak yang jajan di depan gue, tapi si mbak juga no response, lah piye..
Pas akhirnya giliran saya jajan, itu ngedumel masih berlanjut tuh, tetep ngga kedengeran..macam cuma “bzzbzbzbbzbzbbbbzzzz” aja..ahahahah.
Tapi kayanya saya lagi kurang kerjaan, terus berusaha fokus dengerin si abang ngomong apaan, ahahah šŸ˜›
Akhirnya pelan-pelan mulai ada titik terang..

    “Kalo lagi susah gini ya susah..”
    “Akhir-akhir ini saya lagi sepi nih”

*ada pengemis sampe 3 orang nyamperin kita minta duit*

    Saya: “Maaf Bu..”
    Si abang: “Haduuuh maaf deh Bu ya, nggak dulu deh, lagi sepi gini” *menggerutu*

Wahahahah..ngomel si abang šŸ˜€

Akhirnya setelah dia ngomong rada kenceng baru ketauan deh.

    “Yang di ujung sana pernah saya tanya, sesepi-sepinya masih bisa dapet 400 ribu. Lah saya? Boro-boro. Yang ada bisa hampir semuanya ngga laku musti dibawa pulang.”

Ooo…

FYI, “yang di ujung sana” means pasangan suami istri yang jualan nasi uduk dengan lauk lumayan lengkap, plus segala macam jajanan kering dan basah. Jualannya emang buanyak sih, mejanya aja gede gitu buat gelaran, dan pasangan ini ramah deh kalo ngelayanin yang beli.. Bisa dibilang mereka ini belum ada saingan jualan yang setipe di daerah situ, jadi no wonder ya laris.. šŸ™‚

Jujur respon gue abis denger si abang gitu adalah :

    1. Masih pagi bang..udah ngedumel aja, menebar aura negatif sendiri dong nih..
    2. Sambil ngedumel itu pun dia sambil melayani yang beli lho. Rejeki masih ada tuuuh..
    3. Yang di ujung sana jualannya berapa buanyak coba dibanding yg dijual situ? Walaupun saya yakin, itu jualan juga ada yang titipan orang (saking macem-macemnya) dan mereka musti share profit, tapi intinya dari sisi chance buat laris kan emang si abang ini jelas ketinggalan..apalagi attitude pas jualan juga beda banget gitu šŸ™‚

Tapi ya ini cuma jadi pikiran gue aja sih akhirnya, ngga enak boss kalo sampe dibilangin ke abangnya, salah-salah doi sensi trus gue dijejelin batagor sampe keselek..mending mingkem deh.

Somehow, gara-gara kejadian ini gue jadi inget salah satu hal yang pernah disebut-sebut di training kemarin

    “Kalau anda ingin mendapatkan lebih dari orang lain, jangan ragu untuk memberikan lebih juga ke orang lain.”

Yaa..walaupun mungkin disambung-sambungin (hihihi, dan penerapannya juga pasti beda ya buat tiap situasi :D) but I get the idea.
Lesson well learnt.
šŸ™‚

Leave a Reply

