I Need To Stop This Belanja Lenongan Thingy..

Seriusan deh.. *sigh*

Terminology. Buat yang ngga paham sama istilah ‘lenongan’, itu maksudnya any dandan-related stuff ya. Entah itu makeup atau makeup tools-nya. Ngga tau juga asal istilah ini dari mana, padahal kan kalo dandan pada cantik-cantik yaa, ngga kaya mau ngelenong yaa… hehehe πŸ˜€

Jadi, akhir-akhir ini gue lagi cukup sering meng-update koleksi gue yang berhubungan sama si lenong ini. Mostly sih brushes ya.. Do you know, kalo lo niat, makeup brushes itu lo beli satu persatu sesuai fungsi yang diklaim sama si pembuatnya, maka akan ada berapa banyak….?

Liat nih.

Quoted from image source:

If you buy a set of brushes, you will find different types and shapes of bristles. There are square shaped, dome shaped, taper shaped, blunt shaped, angled shaped, point shaped, slant shaped brushes. All serve different requirements.

*dari segitu banyak, gue juga cuma punya yang basic aja sih, yang ngga bakal berminat buat gue sentuh itu kayanya yang bentuknya kipas deh. ngga ngefek amir keknya di gue..amateurishly speaking :P*

Hore banget koleksi brushes-nya..tsk

Yowza! Cowo punya koleksi obeng atau kunci inggris, kita punya ini!! hahahah. Tapi buat hardcore makeup addict, pastinya ini ndak masyalah lah yaa.. kan suka.. πŸ˜€ and I always think someone with creative makeup skill as an artist. I really do. πŸ™‚

Getting defensive part. Pembelaan diri maksudnya πŸ˜€ Karena selain beli brushes itu, gue juga update koleksi makeup-nya sendiri sih.. *du du du* Eits, tapi ini mostly karena mayoritas uda nyaris expired lho. You ladies do know that makeup stuff has expire date, don’t you? Ngga buat sehidup-semati lho itu.

Kalo dicuekin expire date-nya, bisa jadi si mekap uda aneh kalo dipake, memicu reaksi alergi perhaps salah satunya? Yang jelas pernah kejadian di gue adalah, gue pake foundation yang kayanya uda harus dibuang sih dari segi umurnya, tapi gue lupa dan waktu itu uda buru-buru dandan mau ke kawinan. Sampe sana, gue ke toilet dan kaget sendiri pas liat cermin..muka gue oreeeens!! Orange. Jingga. Semacam orang pake fake tanning yang gagal total. Aneh banget, dan akhirnya darurat aja dipermak pake totol-totolin bedak ke muka sebisa mungkin..sigh.

Makeup gurus. Agak lupa awalnya dari mana gue tau soal para makeup guru yang upload video tutorial mereka di youtube. Tapi setelah nemu, nonton, dan mencuri ilmu dari mereka (tetep masih cetek sih skillnya :D), hmm boleh juga nih!! Yang dulu suka gw tontonin sih..

  • Tiffany D. Awalnya sih liat tips makeup, tapi trus karena shade muka dia jelas beda ma gue, dan cenderung jarang berkreasi sama makeup yang aneh-aneh, akhirnya gue jadi jarang liat tutorial makeupnya. Malah lebih sering nonton video haul atau apalah yang lainnya. Lucu sih orangnya, kadang polos gimana gitu *menghindari istilah dumb blonde, hahahah*, dan nurut gue dia cukup kreatif untuk urusan selain makeup juga. So yeah, entertaining, tapi sekarang uda jarang mampir ceki-ceki video dia sih.
  • Makeup Geek. Gorgeus Marlena πŸ™‚ Jeng yang satu ini rasanya tampilannya paling pro dari semua makeup guru yutub subscription gue. Videonya paling rapih, jam terbangnya juga tinggi, suka ngasi tips and tricks yang bervariasi. Thanks to her, gue jadi ngerti basic info soal formula yang ada di makeup yang kita pake. Cuma lately gue rada cape nonton videonya, she’s so pro!! Gue boro-boro!! Hehehe.

Jadilah gue beralih ke yang ini..

  • Pixiwoo. Namanya aja udah lucu ya, macam nama blog gue, “miumiupapaw” yang kalo ditanya apa artinya, I seriously have no idea, hahahaha..*eh kok jadi sok nyamain sih :P* Anyway, the British sister are my latest go-to makeup gurus. I love their witty laid-back personality, kalo komen suka cuek, super santai, dan jarang banget keliatan majang endorsement.

More on pixiwoo. Samantha Chapman, the older sister, has created her own set of makeup brushes, Real Techniques. Dan tanpa promosi yg berlebayhan, gue somehow super penasaran pengen punya brushes bikinan dia ini..*marketing terselubungnya jago deh!! hahaha* starter set, core collection, kabuki brush, atau travel’s essentials juga ngga papa deeeh, ehm itu plus kabuki brush juga deh, hehehe.

Review yang gue baca so far sih nampak bagus ya, banyak yang bilang bulu brush-nya lembut, trus mereka berdua ni against animal cruelty, jadi produknya juga ngga pake animal-testing segala, pilihan makeup mereka pun gitu, kalo pake dites di hewan dulu, then they won’t use the brand. Nice.. πŸ™‚

Yak, cukup bagian para Makeup Artist slash Makeup gurus ini. Kesannya gue mendewakan mereka banget nanti, hihihi. Anyway, kalo tertarik ya search aja, there are tons of tutorials in the internet. Tinggal pilih yg sesuai selera.. πŸ˜‰

Back on track. Dan kenapa gue harus menyudahi belanja-belanji perlenongan untuk batch ini? Karena dua hari yang lalu gue mengalami kesialan. Sudah bayar, terus sial, apes..

Two days ago, I bought a new liquid eyeliner from Etude. Gue udah lama ngga pake liquid eyeliner, karena dulu gue ngerasa itu susah dipakenya. Tapi lately gue penasaran lagi, jadilah akhirnya gue beli. Gue itu ngga ribet sih urusan brand makeup yang gue pake, mau itu MAC, UD, MUFE, atau sekelas drugstore makeup macam Revlon, Maybelline, atau yang lainnya. Selama formulanya works fine for me, yaudah.

Jadi setelah muterin mall, pilih-pilih eyeliner mana yang mau gue bungkus, I bought the Proof 10 Liquid Liner from Etude.

Disclaimer : Gue ngga bermaksud menjelek-jelekan brand Etude yah. Ini cuma mau sharing aja kok. Bukan brand-nya yg jelek, PIC-nya aja yang kadang-kadang suka kurang. Hehehe.. πŸ™‚

Lalu gue pulang dengan hati riang. Sampe rumah penasaran dong gue..belum ganti baju ngantor, masuk kamar, sambil berdiri gue buka tuh kotak eyeliner-nya. Dan crott…!! itu isi eyeliner tumpah kemana-mana, mostly kena baju atasan gue dan lantai, celana dan sprei untungnya cuma kena dikit.

Whoaaa..panik!! Itu kan waterproof ya, buru-buru ambil eye makeup remover dan tisu basah yang gue punya. Sibuk deh kusek-kusek lap sana sini. Hiks. Gue ngga ngecek lagi, tapi kayanya isi botolnya langsung abis tuh, tumpahnya maksimal banget deh. Dan setelah gue liat baik-baik, ternyata penyebabnya adalah, bagian dasar botolnyaΒ  tuh uda pecah, pecahnya rata muterin botolnya. Makanya saat gue tarik dari kotaknya, otomatis keangkat tapi dasar botolnya kan ketinggalan ya, tumpah deh kemana-mana. Antara kesel tapi gue juga inget kalo pas selesai bayar di kasir trus ambil barang, gue memang ngga cek ulang apakah barangnya dalam kondisi baik, langsung terima plastiknya, masukin tas, trus cabut.

Jadi dengan modal botol eyeliner belepotan yang gue bungkus tisu basah dan plastik, dan nota pembayaran yang untungnya belum gue buang, gue pun balik ke tempat yang sama besoknya buat curcol ke SA-nya.

Inti obrolan gue dan dia kira-kira begini..

Me (M): Hallo Mbak, ini saya kemarin kesini beli ini..*nyodorin nota dan sebungkus plastik berisi sekotak eyeliner yang belepotan* dan ternyata bla bla *menjelaskan kronologis kejadiannya*.

SA baju pink (SAP): Loh kok bisa gitu mbak? Itu ngga mungkin, soalnya biasanya kita sebelum ngasih ke customer pasti kita buka dulu kotaknya trus kita tunjukin barangnya.

M: Nah, faktanya saya itu kemarin ngga digituin mba, saya cuma dikasi plastiknya aja, trus udah. Saya juga ada salah sih, karena saya juga ngga langsung cek ulang soal buat mastiin kondisi barangnya.

SAP: *buka kotak, trus liat isinya* Hmm ini kalo kejadiannya begini, ini kemungkinan karena kena panas mba, ini pasti karena kepanasan.

M: *sambil senyum* Saya ngapain juga yah mba panas-panasan? *gue ke mall malem-malem* dan saya tuh langsung masukin tas, trus saya ngojek. Dan saya sangat yakin kalo saya tu ngga menjatuhkan/membanting botol ini selama di jalan. *sambil ngomong gini, gue sambil ngasi gesture memfokuskan ke display Etude yang kebetulan dihiasi dengan sorotan lampu dari sana-sini :P*

SA pake apron (SAA) trus nimbrung sambil nanya ada apa.

SAP & SAA pun kompak komentar kalo itu penyebabnya pasti karena botolnya pernah kepanasan.

Gue yang dari awal ngerasa kalo komplain gue bakal ngga ada win-win solution sih ya udah ngga berharap macem-macem. Karena kalo gue minta ganti rugi, toh gue ngga cek ulang setelah bayar, dan gue juga susah membuktikan kalo gue memang ngga macem-macemin botol itu.

Jadi akhirnya gue pun menegaskan ke dia, kalo tujuan gue ngomong malam itu adalah,

Mau dia bilang apa kek, intinya ini ada kejadian begini sama gue. Biar dia aware dan trus rajin ngecek barangnya sebelum diserahin ke pembeli.

Kalo pembeli ngga cek setelah membayar, itu sebenarnya termasuk hak pembeli kan? *ini ngga gue omongin ke dia* Walaupun di sisi lain itu sama aja artinya setelah lo bayar, urusan lo tanggung sendiri semua. Jarang-jarang kan ada yang jualan makeup di mall pake garansi gitu? *info ke gue ya kalo ada :D*

Jadi yaudah, diikhlasin ajah deh. Walaupun ada yang gue ngga rela sih, yaitu sikap defensive si SA-nya. Santai aja dong mbak, gue kalem berat loh itu kemarin, ngga pake pasang taring dan masih mengumbar senyum. Dia? Judes….dan aksinya pas buka dan megang botol eyelinernya tuh semacam megang sesuatu yang menjijikan sekali. Come on, liat nih bawah kuku gue masih ada yg item sampe hari ini, gara-gara ngga gampang juga ya ngapus eyeliner waterproof gini.. πŸ™‚

Jadi, gue anggap kejadian diatas itu adalah sebagai warning, I need to stop buying printilan over and over again. Soalnya hampir 2 bulan terakhir memang tiap mampir ke counter/ol shop, mupengnya malah sama urusan cecentilan ini. Eling nyun, eliiing..hahahaha.

Anyway, untuk menyudahi posting yang ternyata panjang ini, gue mau share my tips buat urusan belanja beginian :

  • Shop assistant seharusnya memang paham sama jualannya. Tapi bukan berarti dia master buat milihin lo apa yang harus lo beli.
  • Terutama kalo berurusan sama warna. Milih shade foundation yang tepat buat muka lo misalnya? Trust your instinct, diliat baik-baik setelah nyobain testernya.
  • Tester. Kalo memang disediakan, cobain deh. So far gue paling ilfil sama salah satu counter Face Shop di indo sini, buat urusan makeup mereka suka banyak yg ngga ada testernya. Udah harganya banyak yang relatif ngga murah juga, ngga ngasi tester pula..ckckck.
  • Mau pake tester buat area muka? ya cobain di muka. Bagusnya sih emang gitu ya, kalo cobain di tangan kan kadang warna tangan ma muka kita suka beda πŸ™‚
  • Tapi kalo ilfil buat olesin di muka, yauda cobain oles di tangan, tapi ya take it or leave it ya, it’s your call.
  • Buat beberapa item, ada yang lebih baik dikasi jarak setelah apply testernya. Jadi lo cobain, oles-oles, muter keliling mall, balik ke counter setelah hampir 1jam lah yaa *biar pol*, trus liat dulu itu yg tadi lo olesin jadi keliatan oke ngga? Kalo iya, baru deh bungkus.. *ini tips dari seorang makeup SA di Jakarta*

Segitu aja sih paling. Berhubung gue amatir, maaf yaaa kalo ada yg ngga tepat infonya.. heheheh πŸ˜€

Adios.

Image source : click the image and google.

Leave a Reply

