Mudik Lebaran – 1st

Like most Indonesians do, gue pun mudik menjelang lebaran. Yok ikutan ngeramein euforia para pendatang yang kangen kampung halaman, oyeh!
Padahal mah dari kecil uda mangkal di pinggiran Jekarda, tapi tiap tahun rutin ikutan mudik..dan selalu pake mobil.

Cape? Jelas..padahal blom pernah kebagian jatah musti nyetir..hihih.

Kenapa-napa di jalan? Jelas..beberapa kali ngalamin mobil musti nyari kota terdekat yang rada besar trus sibuk cari bengkel..

Tapi tetep seneng? Ya alhamdulillah, enjoy-nya tetep ada, apalagi gw orang Jawa, masih dicari terus untungnya, ahahaha. Namanya sekali setahun kumpul keluarga segitu banyaknya ya..hepi hepi joy joy dramaaa *loh?! :P*

Anyway, posting kali ini mau cerita sekilas soal selama di jalan. Yang jelas..

Heading South
Keluarga gue adalah penyuka jalur mudik Jawa lewat selatan. Lewat utara? Meeehhh, ogaaaah, been there done that a few times dan selalu..selalu..always kapok! Coret terus dari daftar.

Departure Time
Mudik kali ini gue berangkat dari jam menjelang maghrib, Jumat tanggal 26 Agustus 2011. Jam segitu tol Cikampek masi lancar, padat ngga bikin pengen nangis.

Pitstop
Cipularang pun manis, lancar jaya. Gue juga sempet mampir Bandung buat jemput kakak-kakak sepupu gue yang mau diangkut dari Buahbatu. Yes, ada stok supir tambahan..ahahahah *ponakan kurang ajar*

The Real Highway
Setelah Cipularang dibabat habis, masuk jalur jalan biasa dan ketemu si legendaris..the legendary Nagrek area. Sang tanjakan maut πŸ˜€ (yg skill nyetirnya ecek-ecek mending gantian deh sama yg jago, seriously not recommended buat iseng itung-itung latian nyetir) dan..macettttt..baca berita di intonet sih katanya daerah Malangbong pake sistem buka-tutup saking padatnya.. (BTW ngga familiar sama nama daerah-daerah yg gue sebutin? Berarti anda either ngga mudik mengarah ke Jawa Tengah atau hobinya lewat jalur pantura..boleh di-skip posting saya :P)

Road Alert
Itu macet di Nagrek bisa bikin lo sampe matiin mesin, mampir warung kopi terdekat, order your tall hot caramel macchiato *yeah rite*, pokonya bisa santaiiii dululah, dan itu jalur macet tetep ngga gerak..krik krik. Saran gue, puter balik, lewat Limbangan, yg mana itu adalah belok kiri saat ketemu pertigaan, lewat rel masi lurus aja, ada pertigaan trus belok kiri deh. Tapiiii, daerah Limbangan ini ngga direkomendasiin lewat pas siang-siang ya, macet.. πŸ˜‰

Where There’s A Will, You’ll Find A Sign
Worry not my fellow explorer friends. Petunjuk jalan ada dimana-mana kok, tapi kalo ngga kebaca sih ya nasib ya. Gw blom nyobain google maps di daerah mblusuk-mblusuk gini, nongol ngga ya petunjuknya kira-kira, menurut lo?

Jangan Kaget Part 1
Buat yang sukses nemu arah ke Limbangan demi menghindari Nagrek yang macet kronis, jangan kaget part 1 ya.. Kalo lewat situ malem-malem, uda kaya lagi main game balapan 3D, jalanan kosong depan muka, 2 jalur ngepas, lika-liku dan sangat disarankan ngebut trus pake dim aja deh..gelapnyooo ampun uni! Demi keamanan, kalo pas lagi sepi kan ngeri ada rampok juga gitu. Hajar ajah deh tu jalanan.

Jangan Kaget Part 2
Jangan kaget part 2-nya, kalo lo berjalan di jalan yang benar, inshallah akan ketemu daerah Singaparna. Daerah dengan kelokan yg kayanya tak terhingga jumlahnya, dengan sudut tikungan yg dahsyat, dan jarak antar tikungan sangatlah dekat. Gueeee setressss lewat situ, masa itu tikungan tiba-tiba ada bus gede nongol bisa sampe ngga keliatan.. Gue jejeritan setengah maki-maki liat tikungan di daerah situ, eh tapi sambil istighfar dong tentunya, perlu dinetralisir. Tips, lakukan ini semua dalam hatimu, kalo ngga, keramean nantinya..

Usut punya usut, gue berasa asing pas lewat Singaparna ini. Saat gue tanya kakak sepupu yang nyetir, dengan kalemnya dia jawab,

    “Ya kalo sama kamu sih kayanya emang belom pernah lewat sini. Aku juga baru sekali, makanya tadi kagetan juga liat tikungannya.”.

Ondeee..untung gue nanya belakangan. Makasih loh kakaaa..fiuh!

FYI, rute Limbangan-Singaparna ini tembusnya di Tasikmalaya, uhm..atau Garut kota yah..huehehe lupa. Tapi intinya sih tembusnya bakal ketemu Ciamis dan jalur mudik yang umum dilewatin juga deh πŸ˜€
Lumayan efektif buat menghindari macet, walaupun rute alternatifnya ngga deket juga jaraknya. Tapi setelah baca berita pagi ini dan liat info kalo Nagrek td pagi macet sampe jam 3 pagi..gue bersyukur..jam segitu uda sampe Banjar dan lagi sahur soalnya πŸ™‚

Sahur On The Road
Ada restoran di jalur Selatan yg uda ada sejak lama dan cukup terkenal. Padahal menunya itu-itu aja lho, restonya juga sederhana aja. Namanya resto Mergosari. Sistem penyajian menunya mirip resto padang, semua menu dikeluarin sekaligus, tapi adanya paling pepes ikan, ayam goreng serundeng, sambel terasi, lalap..udah. Tapi laris bener gitu restonya. Mungkin ringkes dan cepet kali ya, kalo males/ngga doyan nasi padang bisa lari kesitu deh. Yang jelas pepes ikannya kayanya ngehits banget. Salah satu alm. Om gue ada yang segitu sukanya sampe tiap dia mudik atau lagi touring daerah Jawa pasti maunya mampir makan di Mergo ini. Cabangnya ada di beberapa daerah yang kelewatan jalur mudik, salah satunya di Banjar itu. Dan buka saat jam sahur tentunya..setau gw ni resto open 24hrs sih. Sekarang uda ada fasilitas free wifi segala pula, ihiy! πŸ˜€

Segitu dulu posting pertama di momen mudiknya. Ngerasa ada yang kurang ngga sih di postingnya..?
Yes..kamera gue ketinggalan..fotooo, aku mau foto-foto..ahuhuhu..sebal *sigh*
Yauda sekarang gue mau nyetir dulu, setengah teler, doakan ya kakaaa..

Yang masih di jalan jalur mudik, have a safe trip yaa! Signing off.

Leave a Reply

