Travelling In Togetherness

Buat yang pernah baca The Naked Traveler by Trinity, mungkin uda tergoda ya sama konsep solo-backpacking. Kebayang aja gitu betapa enaknya bisa seenaknya jalan-jalan kesana kemari tanpa ada yang cerewetin segala keputusan yang lo buat selama di perjalanan itu. Downside-nya.. ya paling kalo pas apes kekurangan duit, nyasar akut dan ngga bisa nemu orang yang bisa diajak pusing bareng atau ditanya-tanya, atau paling ngga asik ya kalo tiba-tiba terserang rasa kesepian sama muka-muka yang udah familiar..hihihi.

Tapi, yang mau gw bahas bukan soal itu, malah sebaliknya. Gimana ceritanya justru kalo pas lagi harus travelling in groupsIn groups disini maksudnya yang tipenya tu lo kesana-kemari ya musti sama serombongan itu, ngga banyak waktu buat ngeluyur sendirian, atau worst case..ya semacam ikutan tur gitu deh. Things that you might need to highlite before saying “off we go…” are (menurut gw pribadi ya ini) :

Kalo kasusnya adalah lo ikutan tur, pastiin aja program tur itu sesuai sama kesukaan lo. Mungkin memang ngga bisa puas banget secara pribadi, tapi itu kan resikonya ambil tur serombongan rame-rame, kalo ternyata di tengah jalan ada yang ngga berkenan, kesempatan buat ngelesnya bisa jadi minim. Disinilah momen yang tepat buat lo untuk latihan ikhlas dan sabar..heheh.

Tapi kalo ternyata lo bukan ikutan tur, dan hanya sekedar pergi sama beberapa teman atau kenalan atau mungkin keluarga sendiri, first thing you might wanna notice is : to know their personality.

Penting! Buat gw sih gitu, karena apa kesukaan orang, minatnya ngarah kemana, bisa jadi itu akan ngefek ke tujuan perjalanan lo, atau tempat-tempat yang akan lo kunjungi.

Misal, lo doyan ke tempat-tempat bersejarah nan eksotis, si A sukanya main kemana aja yang pokoknya judulnya bisa belanja, si C maunya ke tempat yang intinya bisa have fun go mad, pokonya maunya yang bisa main dan hura-hura.. Nah, nyampe sana trus bubar dong? Jalan aja gitu masing-masing sendirian? Hihihi..

Toleransi, jagalah itu sebaik mungkin. Kalo ternyata kalian bisa akur dan sepakat buat pergi ke satu tujuan, ingat-ingat, keep it in mind..lo pergi rame-rame. Jadi kalo bisa jangan seenaknya keluyuran sendirian atau ngelakuin apa-apa sesuka lo yang bikin orang lain jadinya harus nungguin lo dulu, baru bisa kelar.

Contoh : Lo hobi foto  hal-hal yang natural, trus setiap 50cm sekali lo berhenti motoin daun, pohon, bunga, kupu-kupu..jalan dikit beberapa cm lagi, berhenti lagi foto kumbang, ulet, ranting, rumput..jalan lagi, terus..terus lama deh!! Coba nengok sebentar, liat muka salah satu temen lo, bisa jadi ada yang tampangnya uda eneg duluan nungguin lo ngga pindah spot juga, padahal area yang bisa dieksplor masi banyaaak….kebayang ngga total waktu yang kudu dihabisin buat nungguin lo muasin hobi pribadi lo yang satu itu? Just do the math..hahah.

Oiya, soal toleransi tadi itu juga pastinya berlaku kalo lo pergi sama orang yg baru lo kenal pas mau berangkat ya. Apalagi yang itu ya..hihih.

Jangan egois. Rencana travelling mungkin ngga akan selalu berjalan mulus, along the way bisa jadi ada hal-hal yang membuat lo harus merubah rencana. Kalo plan aslinya musti batal, jangan egois ngotot pengen keinginan lo tetap terkabul ya, apalagi sampai menghalalkan segala cara, BIG NO.

Sadar diri kalo ngga sendirian. Kayanya rada mirip sih sama konsep toleransi diatas. Misalnya gini lho, lo bisa aja kuat jalan jarak jauh, muter kesana-kemari, tapi belum tentu orang lain bisa segitunya, trus jangan jadi cuek aja misah-misah mulu dari rombongan seenaknya. Atau misalnya, mungkin cuaca kurang mendukung, kebetulan acaranya lagi outdoor, tiba-tiba hujan, dan lo tahan aja tetep jalan walaupun kebasahan, yg penting pokoknya tujuan terselesaikan, ngga peduli hujan basah kuyup kaya apa!! Padahal temen lo di sebelah uda menggigil kedinginan gara-gara berusaha ngikutin maunya lo…hehehe teman yang baik yaaa… 😛

Terakhir, soal duit. Saran terbaik sih, be prepared ya..pastiin budget kalo bisa jangan sampai meleset. Tapi kalo sampe meleset atau ada sesuatu yg urgent, kalo kepepet lah pokoknya, semoga aja ada yang bisa diajak asik soal urusan duit yang kepepet, hihihih. Pengalaman pribadi gw sih, pernah keabisan uang receh buat ngangkot pas jalan-jalan, dan orang yang kebetulan lagi bareng gw saat itu ternyata pelit!! Gw tau banget dia punya uang receh spare cukup banyak, tapi dia ga mau share aja sama gw, takut dia sendiri kekurangan nantinya. Well, gw ngga bisa nyalahin ya kalo orang ngga bisa kooperatif disaat seperti itu, walaupun gw sendiri jadi kocar-kacir sih akhirnya demi nyari recehan, hihihihi. Makanya kan tadi gw bilang, be prepared! Hihih..

Nah udah, gitu aja kok. Simpel kan? Hihih.. Happy travelling guys..yang akur yaa 😉

Advertisements

2 comments

  1. paramitopia · June 24, 2011

    travel sendirian ga enak! jejak diri di foto pasti hasil self timer atau minta tolong orang (yang kadang hasilnya seadanya, posenya juga ga pol karna malu” ;p)
    but travel with friends… “make sure you’re still friends by the end of it” ^^ soalnya kebongkar semua deh jelek”nya, dan compromise itu wajib ain hukumnya…
    *baru pulang jalan, jadi kena banget nih posting-nya, hihi*

    • nyumnyun · June 25, 2011

      Hehe, asal jgn hobi minta difotoin tp males motoin blk aja ya… 😀
      Agree deh, semua jeleknya kebongkar!! Hihihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s