Eggplant Is Terong

Siapa yg baru tau..? Ngakuuu!! šŸ˜€

Jujur aja, gw les bahasa inggris sejak jaman gw SD, tapi gw baru tau bahasa inggrisnya terong itu adalah eggplant pas..*jreng jreng* kuliah!! Ahahahah. Padahal SD-SMP-SMA gw lanjut les bahasa inggris terus tuh..*betah bener nge-lesnya šŸ˜›

Masih inget banget, pas SMA, salah satu guru les lagi iseng bikin quiz. Dia minta kita sebutin translation untuk sayuran dan bumbu dapur dalam bahasa inggris. Ternyata rata-rata banyak ngga taunya ya.. šŸ˜€ Untuk bumbu dapur dan sayuran yang umum dimasak tiap hari sih masih ada aja yang bisa jawab. Tapi puncaknya pas bu guru gw itu nanya, “How about..terong?” Dan semua pun cuma nyengir sambil ngeliatin satu sama lain. Ding Ding Ding!! Satu kelas ngga ada yg tau translation terong apa.. hahahah *trus abis itu si ibu jadiin itu sebagai PR, tapi hari berlalu, lupa deh nyari jawabannya.. šŸ˜›

Anyway, kenapa dengan si terong?

Well, bukan sayuran favorit gw, malah termasuk yang jarang gw makan walaupun lagi ada. Bukan lagi penasaran juga sama manfaat sampingannya selain sebagai bahan masakan. Cuma karena akhir-akhir ini lagi suka nonton Masterchef, yang dilanjut dengan Junior Masterchef Australia, pandangan gw soal si terong berubah. Dulu mah gw taunya cuma paling dimasak ala balado, atau digoreng, atau direbus jadi lalapan (bener ngga sih?), atau kalo ala tante gw, dipotong tipis trus dibikin semi kering dan dicabein..gitu aja rasanya uda jadi menu terong yg paling inovatif di mata gw, berasa dikit ya pilihan menunya..hehehe. Tapi sejak nonton acara lomba masak-masakan ini, ehhh..kenapa jadi cakep gitu tampilannya, dibikin jadi macem-macem juga rasanya sedap. Udah deh, itu terong jadi ‘naik level’ rasanya di mata gw..hihihihi.

Mungkin buat para nyonya rumah yg suka muter otak nyari variasi menu bisa nyontek yg dibawah ini..?

Couscous apaan?? Well, biar gampangnya, ganti jadi risotto juga bisa kali ya *saran sotoy ngga pake research gugel dulu* toh pake beras juga kan bahan dasarnya, lebih familiar sama yang perutnya uda Indonesia abis.. šŸ˜€

Falsomagro with Crumbed Eggplant and Tomato Sauce

Yang ini mengundang selera gw banget. Crunchy gitu kebayangnya si eggplant. BTW, ini resep dari Sofia lho, jagoan gw di Junior Masterchef…!! Yang sayangnya ngga menang, masuk top 2 aja ngga, hiks hiks. Maap, spoiler, maap..*sambil membayangkan memandang sinis ke Uul dan masang muka bengis ke Dindun..ingatlah kalian, pembalasan memang biasanya lebih kejam…wekk!! Muahahahah *OK, gw puas :D*

Well, kalo penasaran mau masak si terong jadi beneran mirip sama 2 menu diatas, silakan cek disini untuk resep lengkapnya. Masih banyak pastinya resep-resep lain yang melibatkan sang terong sehingga menjadi ciamik buat dijadikan menu resto mihil-mihil di luar negri sana. Apakah gw sendiri akan mencobanya? jujur sih, selama ini gw ngga sohib sama dapur, mampir dapur juga basa-basi doang, jadi yaa sometime later kalo gw bisa menghasilkan sesuatu macam ini, gw pajang deh ya, cos that would be an accomplishment for me šŸ˜€

Nyinggung dikit soal Junior Masterchef ini, buat yang uda nonton, can you guys believe it?? Bukannya gw meragukan skill Ā para junior itu, not at all. Cuma gilaaaa *ini gila yg positif* mengutip komen salah satu jurinya, mereka masak itu dengan skill orang-orang umur 30 atau 40 tahun yang berpengalaman, bukan kaya anak umur 13 tahun pada umumnya. Yang masuk peringkat 4 besar salah satunya tuh umurnya 9 tahun lho..9!! Lirik lagi 2 image diatas, tampilannya juga mereka yang bikin tuh. Dulu gw 9 tahun masih ngapain ya..kayanya masih hobi baca komik diatas pohon jambu di kebon depan rumah..ya, saya memang anak alam dulu *padahal curhat karena ngga dilimpahi gadget keren semasa kecil, ya lagian mana ada juga sih jaman dulu?? hahahah :P*. Lagian umur segitu uda biasa make pisau, kompor, oven, segala mixer, toastmaster dan segala printilan alat dapur itu..rasanya kalo disini yang model begini jarang ada ya. Salut buat para orang tua yang bisa mendeteksi minat sang anak sejak dini, dan rela membiarkan mereka mengeksplorasi dan mengekspresikan minatnya secara positif šŸ™‚ *dari terong kok terus jadi berat gini :P* Pokonya, kalian para cheflings, yang masuk TV atau ngga, kerenlah!! Dan special thanks karena udah melebarkan pandangan gw soal si terong alias eggplant ini šŸ˜€

Nah, selamat bereksperimen dengan terong anda di rumah sekalian.. šŸ˜‰

6 comments

  1. Merlin · February 3, 2011

    Menu terong paporit eike…, digoreng tepung…!!! šŸ™‚ *apapun yang digoreng tepung pasti doyan*
    Sama terong ijo buat lalapan

    -komen ga penting, tapi panjang hwehehehe :p-

    • nyumnyun · February 3, 2011

      di rumah malah blom pernah digoreng tepung, padahal itu gampang kan yaa hihihi. oia ada terong ijo juga ya, baru inget šŸ˜€ kayanya yg itu emang pas dijadiin lalapan sih.. -komen sih iya, padahal makan juga boro2, hihihi-

  2. dindun · February 4, 2011

    hahahahahaha…… udah ga ngaruh lagi spoiler junior master chef, udah kelewat banyak spoilernya *sigh
    btw.. terong yang bulet-bulet ijo itu enak loh, lebih manis šŸ˜€ *slrp….nyam nyam

    • nyumnyun · February 4, 2011

      euh..masi males makan gituan =))
      iya nih, kebanyakan spoiler, yg ngasi spoiler juga pada polos2 amat sih ngomongnya *tepokjidat*

  3. uul · February 4, 2011

    argh……. kenapaaah kenapaaah aku membaca spoiler inihh?? :((
    aku kira sopia masuh top 2 T_T, suka banget ma dia soalnya.
    hiks…..

    btw aku dah tauu lho klo eggplant itu terong. wkwkkwkw

    • nyumnyun · February 4, 2011

      kamu kena jebakan batman spoiler juga?? akhirnya!! muahahah
      padahal uda ak bold loh itu..*siul2 puas*

Leave a Reply

